Tuesday, December 15, 2015

PROFIL STAND UP COMEDY RADITYA DIKA

PROFIL RADITYA DIKA. Siapa sih yang tidak kenal dengan komedian satu ini. Yang punya nama Lengkap Raditya Dika dikenal sebagai seorang komika, dia pun menjadi salah satu dewan juri di acara Stand Up Comedy. Banyak Video-Video yang di uploud di youtobe oleh raditnya yang membuat orang saat melihatnya menjadi tertawa dan sekaligus terhibur. Radith itu sapaan yang biasa kita dengar saat dia open mic tapi tak hanya itu Radith juga seorang aktor, penulis model sekaligus sebagai sutradara. Bagi anda pembaca yang mengemari salah satu buku karya Radith " Kambing Jantan " dan di bawah ini kita akan membahas Profil lengkap Radith.

Profil Lengkap Raditya Dika

  • Nama Asli: Dika Angkasaputra Moerwani
  • Dikenal sebagai: Raditya Dika
  • Tempat lahir: Jakarta, Indonesia
  • Tanggal lahir: 28 desember 1984
  • Pekerjaan: Aktor, komedian, sutradara, penulis, model
  • Tahun Aktif: 2004 – sekarang
  • Situs pribadi: radityadika.com
  • Orang tua: Tetty Nasution
  • Instagram : https://www.instagram.com/raditya_dika/
  • Twitter : https://twitter.com/radityadika
  • Pendidikan: SMP Tarakanita, SMU 70 Bulungan, University Of Adelaide, UI
  • Karya: Jambing jantan (2005), Cinta Brontosaurus (2006), Radikus Makankakus (2007), Babi Ngesot (2008), Marmut Merah jambu (2010), Manusia setengah salmon (2011), Koala Kumal (2015)
Nama Asli Raditya Dika sebenarnya adalah Dika Angkasaputra Moerwani. Perubahan nama itu terjadi saat ia duduk di bangku SD. Ditulis di blog pribadinya, iapun menjelaskan dengan gaya kocaknya perubahan namanya tersebut. Ketika ia duduk di kelas 4 SD, Radit meminta pada ibunya untuk mengganti namanya. Seoalah hal tersebut bukan masalah berarti, ibunya pun langsung mengiyakan. Lucunya, ijazah SD hingga SMA memakai nama Radiya Dika bukan nama aslinya. Begitu juga dengan nama di KTP dan Sim. Namun masalah muncul ketika akan kuliah ke luar negeri, karena saat itu harus mencocokan akte kelahiran dan ijazah SMA. Untungya pihak imigrasi membuatkan nama alias pada passport Raditya Dika.

Hasil Karya Pertama Raditya Dika Adalah sebuah buku yang berjudul " Kambing Jantan " yang dibuat pada tahun 2005.  Buku tersebut menceritakan tentang kehidupannya ketika pada saat kuliah di Adelaide, Australia. Buku ini dibuat dengan format diary atau semacam buku harian. Cerita ini diambil dari isi blog pribadinya yang pernah dibuat dulu yakni kambingjantan.com  Setelah mendapat respon yang positif dari pasar, iapun menelurkan buku kedua berjudul Cinta Brontosaurus pada tahun 2006. Pada buku kedua ini hampir sama dengan buku pertama yang bercerita kehidupan keseharian Raditya Dika. Namun bedanya, pada Cinta Brontosaurus menggunakan format cerpen atau cerita pendek. Cinta Brontosaurus adalah buku tentang kisah cinta raditya dika yang selalu tidak beruntung.

Sebagai penulis Raditya terbilang sukses menjadi penulis anti mainstream. Hasil karyanya ditulis dengan genre baru dan segar, Pada buku-buku radit ia selalu menggunakan nama binatang. Menurutnya hal itu adalah “selling point”, sehingga membuatnya beda dari penulis-penulis lain. Al hasil, karya-karyanya yang ia tuangkan dalam bentuk buku menarik produser film untuk membuatnya menjadi film layar lebar. Beberapa film yang dibintangi sendiri oleh raditya dika tersebut diantaranya Kambing Jantan The Movie (2009), Cinta Brontosaurus (2013), Manusia Setengah Salmon (2013) dan Marmut Merah Jambu (2014). Menariknya lagi film-film tersebut disutradarai dan ditulis sendiri (skenario) oleh Raditya Dika.

Demikianlah Profil Radiya Dika, semoga bermanfaat untuk anda. Selain sebagai penulis buku dan pemeran film, Radit juga pernah menjadi host (comic action) juri (SUCI Kompas TV, SUCA Indosiar hingga bintang iklan. Beberapa iklan yang ia bintangi diantanranya You C-1000, Ambi Pur, Fulio Blasto,Mie Sedaap Cup dan lain sebagainya.

FOTO RADITYA DIKA










About Author

Pebriansyah

Si Cowok Suka Humor, Tertawalah Sebelum Tertawa Itu Di Larang.